Better You

4 Tipe Kepribadian Manusia di Tempat Kerja

  by: Redaksi       27/6/2011
  • Dunia kerja adalah dunia yang dinamis. Anda akan menemukan berbagai tipe kepribadian manusia, yang mungkin saja belum pernah Anda temui sebelumnya. Tapi jangan terkejut atau shock terlebih dahulu menghadapi sifat mereka. Dalam acara “Cosmopolitan Office 2 Office” bersama FitFlop bertema “How To Click With Your Colleague”, Erwin Parengkuan penulis buku Click! membagi kategori jenis manusia yang bisa Anda jumpai di tempat kerja ke dalam empat tipe. Pemahaman ini penting lho, sehingga Anda bisa memperlakukan setiap tipe manusia dengan cara yang tepat. Simak, ladies!

    Tipe Manusia Pertama: Si Rinci



    Orang seperti ini menyukai segala sesuatu hal yang terorganisir. Mereka cenderung untuk grogi dalam bertindak, labil dalam mengambil keputusan, bahkan memiliki sifat pendendam jika Anda berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan. Mereka ingin benar-benar merasa percaya diri pada hasil pekerjaan, sehingga mereka akan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

    Tipe Manusia Kedua: Si Kuat


    Mereka adalah orang-orang yang dominan dalam sebuah tim, cenderung keras kepala jika sudah memutuskan dan memaksakan pendapatnya kepada rekan kerja, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk mengarahkan orang lain mencapai hasil maksimal, sedikit sombong karena merasa dirinya lebih baik, dan tahan banting walaupun banyak masalah menyerang dirinya.



    Tipe Manusia Ketiga: Si Damai

    Memiliki pembawaan yang santai sehingga cenderung lambat dalam menyelesaikan pekerjaan, tidak banyak omong karena mereka lebih suka bertindak, bisa menjadi pendengar yang baik, merupakan orang yang tepat untuk menyimpan rahasia, menghindari konflik karena tidak suka mencari masalah, mudah sekali memaafkan kesalahan orang lain. Dan, karena sifat mereka yang menginginkan kedamaian maka terkadang mereka mudah sekali membiarkan dirinya ditindas.

    Tipe Manusia Keempat : Si Gesit

    Tipe orang seperti ini biasanya bertindak terlebih dahulu baru kemudian berpikir, paling cepat dalam menyelesaikan pekerjaan walaupun seringkali tidak maksimal, asal ceplas-ceplos saja dalam mengungkapkan keinginannya, cenderung untuk menjadi pelupa namun memiliki kemampuan fast learner yang sangat baik, dan tentunya mereka membuat suasana kantor menjadi lebih colourful. (Calvin/DI)