Saat niat Anda sudah bulat untuk resign dari kantor sekarang (dengan alasan apapun), tentu permasalahan baru timbul seiring dengan keputusan tersebut, mulai dari bingung memilih waktu untuk menyampaikan berita kepada atasan sampai bagaimana menulis surat pengunduran diri yang baik. Well, Cosmo tentu akan membantu Anda mengatasi hal ini, dear. Untuk itu, simak hal-hal penting berikut agar Anda tetap menjadi wanita Cosmo yang profesional sebelum menulis resignation letter.
Rencanakan strategi
Meski sudah mantap untuk mengundurkan diri, pastikan Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan setelah secara formal menyatakan pengunduran diri kepada atasan. Apakah Anda ingin langsung bekerja di tempat yang baru atau ingin berlibur beberapa waktu, itu semua harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik agar Anda tak salah langkah.
Tulis Surat Pengunduran Diri
Menulis surat pengunduran diri bagi karyawan yang akan resign memang sudah mutlak hukumnya. Karenanya, jangan lupa untuk menulis resignation letter minimal satu bulan sebelum Anda keluar dari kantor. Usahakan untuk menulis surat tersebut dengan kata-kata yang singkat, tegas, tapi sopan. Meskipun Anda sempat memiliki masalah pribadi dengan kolega apalagi atasan, jangan umbar sakit hati tersebut di dalam surat. Just keep it simple.
Tinggalkan Kesan Baik
Mengingat akan meninggalkan “keluarga” yang sudah Anda ciptakan selama bekerja di kantor, tentu saat pergi pun Anda harus meninggalkan kesan baik kepada mereka. Tak mau kan kesan kurang baik malah melekat di ingatan para kolega dan atasan saat Anda pergi?
Tetap selesaikan tugas
Meskipun beberapa hari lagi Anda sudah akan meninggalkan kantor, tapi itu tak berarti Anda bisa dengan santainya meninggalkan tanggung jawab dan pekerjaan yang masih harus diselesaikan. Tetaplah selesaikan tugas-tugas sebelum hari itu tiba and always be professional, dear. (Febrina/VP/Image:ThinkStock)