Lifestyle

Groufie, A New Cool Way of Selfie

  by: RedaksiCosmopolitan       16/9/2014
  • Sudah membaca September issue di majalah kesayangan Anda? Ya, Anda pasti semakin tak asing lagi dengan kata “selfie”. In fact, you do it (almost) everyday! Kata “selfie” sendiri sudah menjadi word of the year versi Oxford Dictionaries di tahun 2013. Fenomena baru ini cepat menyebar di berbagai media sosial di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Tapi kontroversi yang mengarahkan selfie sebagai sebuah bentuk narsisme membuat fenomena ini bergeser sedikit demi sedikit. And then groufie is born.

    Berbeda dengan selfie, groufie atau grup foto terlihat lebih menyenangkan dan menunjukkan kedekatan bersama teman-teman dan keluarga. Berdasarkan survei P&G yang dilakukan TNS (Taylor Nelson Sofres) tahun 2014 terhadap 1400 responden di seluruh Asia, 72% responden di Indonesia mengaku masih menikmati dan menghargai koneksi fisik yang sebenarnya dibanding koneksi virtual. Hal ini menunjukkan bagaimana groufie dapat menjadi tren yang berkembang karena memiliki jauh lebih banyak nilai sosial. Menanggapi itu, Febrina Herlambang selaku Brand Communication Manager P&G Indonesia menyampaikan survei yang dilakukan P&G terhadap 300 responden di Indonesia. “78% responden merasa groufie lebih menyenangkan daripada selfie karena aktivitas ini melibatkan grup. Tapi sayang, 46% di antara mereka tidak percaya diri untuk melakukannya,” ungkapnya.

    Ternyata, salah satu masalah yang membuat banyak orang tak percaya diri ketika melakukan groufie adalah adanya ketombe. “Head & Shoulders ingin membantu para penggemar foto untuk melakukan groufie sehingga percaya diri untuk berdekatan saat melakukan aksi tersebut,” tambah Febrina. Berkomitmen dengan hal itu, Head & Shoulders pun melakukan kampanye #groufie dan mendapat antusiasme dari banyak pengguna social media, termasuk para selebriti seperti Richard Sam Bera, Darius Sinathrya, dan Donna Agnesia.



    Jika Anda ingin ikut dalam kemeriahan groufie, Head & Shoulders membuka kompetisi mulai Oktober hingga November 2014 dengan hanya mengunggah foto groufie terbaik Anda di Twitter menggunakan tagar #groufie, lalu mention ke @HeadShouldersID. Pemenang kompetisi akan diterbangkan langsung ke Barcelona dan mengunjungi Camp Nou (stadion sepak bola Barcelona). Jika Anda menang, jangan lupa groufie dengan para pemain sepak bola FC Barcelona di sana ya! (Vidi Prima / IR / Image: doc. Cosmo, doc. P&G Indonesia)