Tak sulit kok untuk menjadi orang yang selalu positif di manapun, termasuk di kantor (yang tak jarang membuat Anda stres). Cukup lakukan kebiasaan ini untuk menjadi happy employee dan waktu di kantor pun menjadi lebih menyenangkan!
Pulang Tepat Waktu
Sering lembur ternyata tidak menjamin Anda menjadi karyawan teladan, lho. Menurut Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, selalu pulang tepat waktu penting untuk membangun suasana kerja yang menyenangkan di kantor. Terlalu sering lembur (secara psikologis) dapat membuat Anda merasa terus bekerja. Lama-kelamaan hal tersebut menimbulkan stres sehingga Anda tidak dapat bekerja dengan produktif.
Membantu Rekan Kerja
Membantu rekan kerja tidak hanya memberi manfaat kepada sang rekan kerja tetapi juga kepada diri Anda. Seseorang yang melakukan hal-hal baik bagi rekan kerja dapat memberikan energi positif di lingkungan kerja. Bahkan berdasarkan makalah yang ditulis oleh Joseph Andrew Chanellor, dokter filsafat di University of California, menemukan bahwa mereka yang menawarkan bantuan biasanya jauh lebih bahagia.
Meja Kerja yang Bersih dan Rapih
Meja kerja yang bersih dan rapih juga menjadi salah satu kebiasaan happy employee. Bahkan meja kerja yang bersih dan rapih dapat menambah produktivitas. Ini karena meja kerja yang berantakan dapat dengan mudah menimbulkan stres hingga Anda lebih malas bekerja. Bisa dibilang kondisi meja kerja dapat memengaruhi mood selama berada di kantor.
Memiliki Waktu Istirahat
Dewasa ini, bekerja keras sering kali disama artikan dengan bekerja terus-menerus. Padahal, penting lho untuk beralih sejenak dari pekerjaan. Hentikan kebiasaan makan siang sambil bekerja. Jangan lupa pula untuk mengambil cuti berlibur paling tidak satu tahun sekali. Tidak hanya membuat Anda merasa lebih bahagia, memiliki waktu istirahat dapat menambah produktivitas.
Shake It Up
Tahukah Anda salah satu hal yang dapat menimbulkan rasa bosan akan pekerjaan adalah rutinitas yang begitu-begitu saja. Anda bisa lho untuk melakukan hal-hal baru yang menambah semangat di kantor. Bisa dengan mempelajari hal baru, menambah skill, atau menantang diri dengan mengerjakan tanggung jawab baru. Rasa bosan di kantor pun lambat laun akan menghilang. (Hana Devarianti/VP/Image: Milan Markovic/iStock/479292358)