Career

4 Cara Jitu Hadapi Klien Perfeksionis

  by: Redaksi       13/6/2014
  • Tantangan, meski yang terberat sekalipun merupakan bagian dari dunia kerja yang tak bisa dihindari. Salah satunya ketika Anda mendapat klien yang terlalu picky dan menuntut 100% kesempurnaan. Bila Anda tengah mengalami hal ini, ada empat cara yang Cosmo rekomendasikan agar Anda tetap tenang selama bekerjasama dengan klien perfeksionis.

    Jangan Panik!
    Ada yang bilang bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan saat panik akan berakhir berantakan. Untuk itu, tak perlu heboh atau gusar ketika pertama kali mendapat komplain atau revisi dari klien. Cukup ucapkan terima kasih dengan lapang dada dan ambil sisi positif dari kritik yang mereka berikan.

    Hindari Rasa Sungkan
    Mengertilah bahwa Anda tak bisa menyenangkan semua orang, termasuk para klien. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sungkan ketika Anda memiliki ide yang mungkin berseberangan jauh dengan pendapat mereka. Yang terpenting tetap sopan dan tunjukkan fakta berdasarkan riset, bukan hanya bualan semata.  



    Saling Mengerti
    Anda tak pernah tahu masalah yang dialami seseorang sampai Anda bertanya dan mencoba memahami. Untuk itu, coba mengerti posisi sang klien dan latar belakang mengapa mereka begitu perfeksionis. Bisa saja, mereka mendapat tekanan dari atasan sehingga mereka merasa harus memastikan Anda tidak membuat kesalahan. Don't judge, just try to understand.



    Pelajari Sesuatu
    Jadikan kesulitan Anda menghadapi klien perfeksionis sebagai proses pembelajaran. Sadar atau tidak, mereka mengajarkan Anda banyak hal, misal arti kesabaran, profesionalitas, dan toleransi. Gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan diri sebagai bekal menghadapi tantangan yang jauh lebih besar di kemudian hari. (Keken Frita Vanri/FT/Image: Thinkstock)