Better You

Sehatkan Lingkungan Kerja Anda

  by: Redaksi       19/10/2012
  • Tumpukan pekerjaan dan kondisi tubuh yang tidak fit adalah kombinasi yang tak menyenangkan, dear. In fact, it's a nightmare! Maka, Cosmo akan membangunkan Anda dari mimpi buruk ini. Nampaknya, bukan hanya tumpukan pekerjaan yang jadi pemicu ini semua, tapi ternyata kebiasaan buruk dan lingkungan kantor juga ikut andil dalam hal ini. So here's what you should do...

    Matikan Perangkat Saat Tak Dibutuhkan
    Handphone, PC, laptop, dan telepon adalah perangkat-perangkat yang memancarkan gelombang elektromagnetik yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Efeknya termasuk hipertensi, kegelisahan, dan kondisi tubuh yang tidak fit. Jadi, saat tak menggunakan peralatan tersebut, ada baiknya untuk  mematikan semuanya. Dan poin plusnya, you also save energy and the environment.

    Rutin Membersihkan
    Tisu basah selalu siap sedia di laci meja, kan? Nah, mulai sekarang jangan lagi malas untuk membersihkan barang-barang di sekitar meja kerja—ribuan kuman senang sekali bersarang di sana, lho! Gunakan pembersih anti kuman atau cairan antiseptic secara rutin.



    Istirahatkan Mata
    Pasti dari pagi hingga menjelang selesai jam kantor, mata Anda tak henti menatap layar komputer. Maka jangan lupa sempatkan untuk menyisihkan waktu untuk mengalihkan pandangan Anda. Cosmo sarankan setiap 20 menit sekali alihkan pandangan ke sekeliling untuk mengendurkan saraf-saraf mata. Hal terbaik adalah arahkan mata Anda pada sudut terjauh dari posisi Anda berada.



    Sadar Diri
    Cosmo tahu Anda harus bersikap profesional atas pekerjaan, tapi darling, jangan terlalu memaksakan kondisi tubuh. Hal pertama yang harus diingat adalah kenali batas kemampuan tubuh—Anda harus tahu kapan mengambil waktu untuk istirahat dan kapan waktu untuk meneruskan pekerjaan. Dengan begitu, Anda bisa cepat mengambil keputusan untuk memeriksakan diri ke dokter bila kondisinya terlalu buruk. (Muhtar Rais/SL/Image: Stockbyte/Thinkstock)