Career

5 Tip Untuk Bekerja Lebih Efektif

  by: Redaksi       28/11/2014
  • Untuk setiap alasan menyelesaikan pekerjaan kantor, ujian, atau proses kreatif yang Anda lakukan, Cosmo punya tip untuk membuat agenda Anda satu ini efektif!

    Mental Space
    Sebelum menumpas habis tumpukan deadline, lembar-lembar bahan ujian yang harus dihapal, atau “monster” macam apa pun, Anda harus membuat pikiran nyaman. Ada dua cara yang Cosmo tawarkan untuk Anda coba. Pertama, cara sederhana dengan mengatur pernapasan sebelum Anda memulai. Kedua, coba kenakan pakaian yang paling nyaman untuk Anda, siapkan minuman plus kudapan pendamping, atau taruh barang-barang kesayangan untuk menjaga mood Anda sepanjang waktu.

    Work Zone
    Sebenarnya tidak harus benar-benar ruang kerja. Anda cukup mencari titik-titik di rumah yang bisa membuat Anda fokus untuk bekerja. Kalau sudah menemukan satu sudut yang ideal, mungkin berikutnya Anda harus mulai memikirkan untuk menatanya menjadi benar-benar sebagai your private work zone!



    Kecepatan Kerja
    Hal ini berhubungan dengan sistem kerja yang selama ini Anda miliki. Seberapa cepat atau lambatnya proses kerja yang Anda biasa pilih harus kembali dipikirkan. Pahamilah cara kerja dan nantinya Anda akan bisa menyesuaikan kecepatan kerja Anda. Satu hal yang harus Anda patuhi, luangkan waktu untuk beristirahat di tengah proses kerja. Break time ini akan mengembalikan energi dan menyegarkan kembali pikiran Anda.



    Kekuatan Ingatan
    Tahukah Anda bagaimana cara kerja otak menyimpan berbagai informasi? Faktanya, otak akan lebih mengingat semua hal yang Anda simpan di bagian awal dan akhir. Jadi, akan lebih efektif bila Anda sengaja menyusun segala bahan yang paling penting di bagian awal dan akhir proses kerja.


    Metode
    Bila Anda sudah tahu sebelumnya, bahwa ingatan itu sebenarnya memiliki kekurangan, maka sangat baik bila Anda memiliki rencana setiap kali bekerja. Buatlah catatan untuk setiap perkembangan proses kerjanya. Atau saran Cosmo, gunakan mind mapping agar Anda bisa membuat outline informasi secara visual. Bila keesokan harinya Anda ingin kembali menggali informasi yang telah dipelajari sebelumnya, Anda cukup melihat catatan yang ada. (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)